Aduh, Terasi Diberi Pewarna Pakaian !


Awas, terasi dibuat dengan pewarna pakaian. Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan terasi yang mengandung bahan pewarna untuk pakaian. Jenis penyedap makanan ini diperkirakan beredar merata di seluruh pasar-pasar tradisional di kota Makassar.

Kepala BBPOM Makassar, Maringan Silitonga di Makassar, saat menggelar jumpa pers, Selasa (15/6) di kantornya mengatakan, terasi yang menggunakan pengawet dari bahan kimia ini, diduga hasil olahan industri rumah tangga.

Berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh BPOM, terasi udang ini mengandung bahan pengawet dan pewarna jenis Rhodamin B. Adapun sampel yang diambil oleh BPOM berasal dari 10 pasar tradisional di Makassar.

" Jenis pewarna dan pengawet Rhodamin ini, hanya digunakan untuk pewarna tekstil, bukan untuk makanan. Jika dikonsumsi dalam waktu lama akan berdampak buruk bagi tubuh. Bisa menyebabkan kanker," kata Maringan kepada wartawan.

Ia juga mengimbau agar produsen agar berhati-hati memilih terasi yang dijual curah di pasar tradisional. Dianjurkan untuk melihat warna dan aroma terasi. Jika terlihat warna merah kecolkatan dan tidak dikerumuni lalat serta bau yang tidak menyengat. Ini merupakan ciri terasi yang mengandung Rhodamin.
[source:RIMANEWS]

Komentar