Baru liat - elang juga makan kambing

an eagle was holding a sheep firmly (tempointeraktif.com)
Emang di daerah saya gak ada Elang. Yang saya tahu, Elang dalam cerita di TV lebih sering makanannya dikaitkan dengan binatang kelinci. Nah, setelah tahu gambar ini, ternyata saya baru tahu kalau Elang itu adalah burung yang besar sekali. Kambing aja bisa di-embat juga, terus ntar sapi apa juga diembat juga ya? Mungkin gak kali, sapi beratnya kan lebih besar dari domba. Entahlah, saya tidak tahu Elang itu besarnya.

Dalam foto di atas, itu adalah Elang jenis Golden Eagle besar yang terbang sambil mencengkram erat-erat seekor kambing. Kambing yang terlihat berdarah itu diperkirakan akan menjadi santapan si elang. Foto menakjubkan ini diambil di pegunungan pulau Mull, Skotlandia. Foto ini kemungkinan foto pertama yang berhasil mengabadikan seekor elang raksasa dengan rentang sayap dua meter membawa mangsa berupa kambing. Wah, gede banget.

Foto ini dibuat oleh seorang pengamat burung yang enggan disebutkan namanya. Dia juga menolak menyebutkan lokasi persis foto ini diambil. Dia takut petani yang marah karena hewannya menjadi mangsa akan memburu burung itu.

Burung elang jenis ini memang termasuk burung langka. Mereka ada sekitar 30 ekor dan dilindungi dalam area khusus yang tahun lalu habitat mereka sempat tercemar.

Sebelum mengambil foto ini, pengamat burung dan istrinya melihat beberapa burung elang yang berputar. "Ada beberapa mobil yang parkir di dekatnya, mereka lalu berputar-putar di udara," kata pengamat burung itu.

Tiba-tiba ada seekor elang besar yang terlihat membawa sesuatu. Ketika melihat melalui binokular mereka menduga itu seekor kelinci gunung. Tapi setelah semakin mendekat ternyata itu seekor kambing.

"Sebuah peristiwa yang sangat langka dan tidak mungkin saya lupakan," kata pengamat burung itu. Elang berjenis Golden Eagle dikenal sebagai pemangsa hewan berukuran besar dengan cara menjatuhkan mangsanya dari ketinggian.
Sumber rujukan: tempointeraktif

Komentar