Format CDA – CD Audio Format Cara mengkopi ke storagedisk

Pernahkah Anda membeli CD audio berisi lagu atau musik?
File musik/lagu bisa berupa file mp3 atau CDA, atau mungkin format yang lainnya

File CDA


Siapa tidak tahu file bertipe MP3, format audio yang sudah sering digunakan dalam industri permusikan. Kita bisa membeli dan mendapatkan CD berisi MP3 tersebut di toko-toko. Dalam satu CD bisa berisi sampai ratusan MP3. CD MP3 tadi secara langsung dapat diputar ke media player yang supported seperti VCD/MP3 player, tetapi tidak semua VCD player supported. Karena itu, file MP3 dalam CD tadi dikopi ke harddisk atau penyimpanan lainnya di komputer. Dengan bantuan mp3 player dan sejenisnya, file mp3 itu bisa diputar dan didengar.

Nah, sekarang bagaimana jika CD audio tadi bertipe CDA?
File bertipe CDA ini tidak dapat langsung dikopi ke komputer, tetapi dapat dimainkan langsung dengan CD player biasa. Dalam 1 CD, biasanya hanya dapat diisi sepuluhan lagu CDA. CD lagu pada umumnya berisi file tipe CDA, karena dapat dimainkan hampir di manapun, misalnya di dalam mobil yang dipasang CD player. File CDA ini biasanya terdapat dalam CD bonus dari suatu pembelian barang di toko, seperti CD tutorial, CD petunjuk penggunaan, dan CD musik lainnya.

Agar file CDA bisa di-copy di komputer, file itu harus di-RIP, atau di-grab. Anda harus menggunakan program yang menyediakan fasilitas CD ripper. Misalnya, windows media player, iTunes, CD-ripper, dll. Banyak program yang bisa digunakan untuk ripping.
Nah, sekarang kita gunakan Windows Media Player, suatu aplikasi bawaan dari windows yang sudah sering kita gunakan.

Perhatikan gambar berikut:

Tampilan isi dari CD berisi CDA (kllik saja gambarnya untuk dilihat)

Di atas adalah tampilan saat kita membuka file CDA. Perhatikan ukuran dari file CDA tersebut, yaitu 1 KB. Tidak mungkin kan, jika file audio memiliki ukuran 1 KB. Nah, itulah CDA, CD tersebut menyembunyikan file aslinya. Hanya file CDA yang ditampilkan. Itu sebabnya kita tidak bisa mengkopinya secara langsung.

Setelah kita mengkopi menggunakan Windows media player, maka di harddisk kita, akan terlihat seperti berikut.

Hasil ripping (copying) dengan windows media player versi 9
File yang dicopi dengan windows media player akan berekstensi *.wma [windows media audio], yang dapat diputar dengan audio player.

Langkah-langkah kopinya sebagai berikut:
1.Masukkan CD musik-nya.
2.Lalu jalankan windows media player (saya menggunakan wmp versi 9)
3.Lalu pilih “COPY FROM CD”. Perhatikan gambar berikut.

tampilan sebelum proses copying
Kemudian cheklist file yang akan dicopi, dan tekan “Copy Music”. Maka akan muncul setingan untuk tempat output penyimpanan file musiknya. Anda juga dapat mengatur kualitas audio dengan mengubah bit rate file yang akan dihasilkan pada frame “Copy settings”. Semakin besar angkanya semakin bagus kualitasnya, namun ukuran file yang dihasilkan juga tentu akan semakin besar. Angka default-nya adalah 128 Kbps.
tempat seting untuk ripping/copy music
Jika sudah fixed, tekan OK, dan proses copying akan berjalan.
proses copying CDA ke harddisk
4.Bagi Anda yang sudah meng-upgrade Windowsnya, maka aplikasi Windows Media Player versi bukan versi 9 lagi. Untuk WMP versi 10 ke atas, langkah-langkah yang dilakukan hampir sama dengan cara di atas. Perbedaan hanya terdapat pada penamaan tab “Copy from CD” menjadi “Rip” dan tombol “Copy Music” menjadi “Rip Music”. Pada WMP 11 sudah ada seting RIP untuk format MP3. Jadi, lagu yang dicopi akan diubah langsung menjadi MP3.

Nah, sekarang kita gunakan aplikasi lain untuk ripping misalnya, CD Ripper.
Saya menggunakan xilisoft CD Ripper. Perhatikan gambar berikut:
Dari tampilan xilisoft, kita bisa melihat ukuran CDA yang sebenarnya.

tampilan CD-Ripper

Jika dilihat dengan explorer biasanya akan tampak 1KB, tapi jika gunakan aplikasi khusus, maka akan terlihat ukuran sebenarnya. Inilah sebabnya kenapa saya bilang “kalau dalam satu CD hanya berisi file CDA sampai 10 file”. File CDA ternyata mempunyai ukuran lebih dari 100 MB, tergantung panjangnya durasi. Untuk durasi 10 menit itu sekitar 100MB ukurannya.
Dengan CD Ripper, kita mudah saja mengkopinya dengan output format sesuai dengan pilihan kita, bisa mp3, ogg, acc, dll.
Untuk memproses kopi, tinggal tekan tombol merah. Jangan lupa, mengatur folder tempat hasil kopiannya.
Nah, itu mungkin sekilas shared pengalaman saya... :D

Komentar